LOGIKA DAN ALGORITMA PEMROGRAMAN

Pengertiaan algoritma sangat lekat dengan kata logika, yaitu kemampuan seorang manusia untuk berfikir dengan akal tentang suatu masalah dan menghasilkan sebuah kebenaran, dapat dibuktikan dan masuk akal.
Dalam menyelesaikan suatu masalah logika sangat diperlukan. Logika identik dengan masuk akal dan penalaran. Penalaran adalah salah satu bentuk pemikiran . Definisi logika sangat sederhana yaitu cara berfikir untuk tujuan tertentu namun menurut aturan yang berlaku.
Kata Al Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism yang kemudian menjadi Algorithm diserap dalam bahasa indonesia menjadi Algoritma yang dapat diartikan urutan penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang logis untuk memecahkan suatu masalah.
Selain itu, terdapat beberapa definisi algoritma diantaranya menurut Rinaldi Munir, algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.
MATERI KULIAH :
PERTEMUAN PERTAMA

BAB 1 Pengertian Dasar Logika Dan Algoritma

Sejarah Algoritma
Asal  kata  Algoritma  berasal  dari  nama  Abu  Ja’far  Mohammed  Ibn  Musa al-Khowarizmi, ilmuan  Persia  yang  menulis  kitab  al  jabr  w’al-muqabala
(rules  of  restoration  and  reduction) sekitar tahun 825 M
A.     Algoritma
è  Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah
è  Urutan logis pengambilan putusan untuk  memecahkan masalah urutan langkah logis, berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan  tertentu,  tidak  boleh  melompat-lompat.
è  Alur        pemikiran             dalam     menyelesaikan    suatu      pekerjaan              yang dituangkan secara tertulis.
Alur  pikiran yang artinya algoritma  seseorang  dapat berbeda dari algoritma orang lain. tertulis, yang  artinya  dapat  berupa  kalimat,  gambar,  atau  tabel tertentu.
Dalam   bidang   komputer,   algoritma   sangat   diperlukan   dalam menyelesaikan   berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.
Note:
Algoritma Di butuhkan untuk  memerintah computer  mengambil langkahlangkah  tertentu untuk menyelesaikan masalah
Algoritma à Pemrograman à Program
Agar algoritma dapat memerintah (diproses) komputer, maka dirubah menjadi bentuk program (melalui proses pemrograman).
Penulisan Algoritma :
1.       Menggunakan bahasa natural  (Bahasa manusia: Indonesia, Inggris) Kelemahannya  masih sering membingungkan (ambigu) / sulit dipahami.
2.       Menggunakan Flowchart
Baik karena alur algoritma dapat dilihat secara visual, tetapi  repot pembuatannya jika algoritma panjang
3.       Menggunakan Pseudocode
Sudah dekat dengan bahasa pemrograman, tetapi sulit dimengerti oleh orang yang belum tahu pemrograman
B.     Tahap Analisa Algoritma

1.       Bagaimana merencanakan algoritma Dengan Mendefinisikan masalah.
Contoh : Permasalahan menghitung luas lingkaran, dengan data yang diketahui adalah diameter lingkaran. Rumus : ∏ . rdengan  Phi =  3.14 atau 22/7.
2.       Bagaimana menyatakan suatu algoritma (menulis algoritma)
                      Dengan flowchart / diagram alir
Program Flowchart
Yaitu bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.
1.      Simbol yang digunakan :
2.      menunjukkan awal dan akhir dari program
3.      memberikan niai awal pada suatu variabel atau counter
4.      menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data
5.      menunjukkan proses input atau output
6.      untuk    mewakili             operasi perbandingan logika
7.      proses yang ditulis sebagai sub program,              yaitu      prosedur/ fungsi
8.      penghubung pada halaman yang sama
9.
enghubung       pada      halaman yang berbeda
Contoh :

Atau flowchart yang dibuat dengan program raptor

suatu cara  penulisan algoritma agar ide dan logika dari algoritma dapat disampaikan/diekspresikan menggunakan gaya bahasa pemrograman pemrograman tertentu.
Dengan statement program /penggalan program :
Dari algoritama yang telah dibuta dapat diterjemahkan ke dalam Statemen program C++ sebagai berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9 10
11
12
13
14
15
#include <iostream> using namespace std;
int main()
{ float phi = 3.14; float Diameter, Radius, Luas_Lingkaran; cout << "Masukkan Nilai Diameter : "; cin >> Diameter;
Radius = Diameter / 2;
Luas_Lingkaran = phi * Radius * Radius;
cout << "Luas Lingkaran adalah : " <<
Luas_Lingkaran; return 0;
}
3.       Bagaimana validitas suatu algoritma
4.       Bagaimana menganalisa suatu algoritma 5.  Bagaimana menguji program dari suatu algoritma

PERTEMUAN KEDUA

BAB 2 Konsep Algoritma

KONSEP ALGORITMA
Studi Kasus:
Algoritma TUKAR ISI BEJANA
Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru.
Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
algoritma :
Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B
Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
Apakah cara di atas BENAR ?
Apakah hasil yang didapat sesuai dengan penyelesaian masalah? Apa hasil yang didapat ?
Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar.
Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah percampuran kedua larutan tersebut.
Penyelesaian :
Untuk mempertukarkan isi duah bejana, diperlukan sebuah bejana tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C.
ABC
Algoritma yang menghasikan pertukaran yang benar sebagai berikut:
1.       Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.
2.       Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
3.       Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.
TUGAS 2 :
1.       Seorang Petani akan berpergian ke kota dengan  membawa seekor kambing, Anjing dan Rumput Yang ketiganya memliki berat yang tidak jauh berbeda, ditengah jalan petani harus menyebrangi sungai dengan menggunakan perahu dan untuk melaluinya petani tersebut tidak diperbolehkan membawa sekaligus bawaannya mengingat kapasitas kekuatan perahu tersebut, dan untuk melaluinya petani harus membawa satu persatu bawaannya. Ditanya: berapa kali petani tersebut harus melalui sungai dengan memperhatikan bahwa kambing makan rumput, anjing makan kambing ?.
Buatlah Algoritma Dengan Bahasa Natural dan flowchart dokumen Dari Cerita di atas!
2.       Bagaimana caranya untuk menyeberangkan tiga orang missionaris yang sedang dikejar oleh Tiga orang kanibal ke sisi pulau yang ada diseberangnya
Dengan catatan : Bila misionarisnya Lebih sedikit dari dari kanibal, maka misionaris tersebut akan dimakannya.
Buatlah Algoritma Dengan Bahasa Natural dan flowchart dokumen Dari
Cerita di atas!
3.       Seorang siswa mendaftar santri baru pada bagian registrasi, setelah menyelesaikan penulisan biodata santri, siswa tersebut di diperkenankan untuk pindah ke bagian seleksi untuk diuji baca alQur’an, jika ujian

alQur’an lulus maka siswa tersebut melanjutkan ke bagian asrama untuk menentukan asrama, jika ujian alqur’an tidak lulus maka siswa tersebut berstatus waiting list (daftar tunggu ) dan bisa kembali 1 minggu setelahnya.
Dari cerita di atas lakukan analisa dan buatlah : a. Flowchart Proses
b.  Flowchart Dokumen
c.  Flowchart dengan program Raptor!
Program dengan bahasa C++
PERTEMUAN KETIGA

BAB 3 Konsep Tipe Data

Bahasa Pemrograman C++
TIPE DATA
1.     Tipe data Sederhana
Tipe data yang umum digunakan dalam bahasa pemrograman C++ diataranya adalah :
a.        Tipe data angka
Untuk tipe data data angka memiliki nilai dan panjang field yang berbeda
-          Integer (int) : “merupakan tipe data yang digunakan untk meyimpan nilai dengan bilangan bulat positif tanpa titik decimal pada bilangan tersebut, misalnya 1, 2, 3 ... dst”
1.       Dengan nilai konstata misalnya
Int x = 5;
2.       Dengan data inputan
int x ;
-          Floating point : “Merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan data angka dengan nilai pecahan misalnya 27.72; 54.36 dst” namun pada floating point kita dapat mengenal macammacamnya dan mengetahui panjang field yang tersimpan pada masing-masing tipe datanya
-          Tpe data floating point terbagi atas :
1.       Float : “merupakan tipe data yang menyimpan nilai pecahan penyimpanan data 4-8 bytes”
2.       Double dan long : “merupakan tipe data yang menyimpan nilai 8 byte”.
Cara mendeklarasikannya yaitu :
1.       Dengan nilai konstan float x = 3.12; double x = 3.122222;
2.       Dengan nilai inputan float x; doubel x;
b.       Tipe data karakter : “merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai karakter (1 buah huruf)” Cara mendeklarasikannya adalah : char nilai = ‘A’;
c.        Tipe data string : “merupakan tipe data yang menyimpan nilai dari gabungan beberapa karakter”
Cara mendeklarasikannya adalah :
char Kota (10);
SUPLEMEN
MENGENAL PEMROGRAMAN C++
Secara ringkas, struktur bahasa C++ dapat terdiri dari:
1.       Header
2.       Program utama
-          deklarasi label
-          definisi konstanta -             definisi tipe
-          deklarasi variabel
-          deklarasi prosedur
-          deklarasi fungsi
        3.        Bagian Pernyataan (statetement program/baris perintah)
#include <iostream> {header} using namespace std; {standar c++} int main()      { Penanda program utama}
{
Tempat instruksi/perintah
}
a.        Deklarasi variabel
Untuk membuat variabel/pengenal/indentifier pada yaitu dengan menuliskan nama variabel dan tipe datanya pada bagian deklarasi variabel
Format penulisan:  [tipe_data nama_identifier ; ] contoh :
int i = 1; char nama[10]; bool Jenis_kelamin=true; float Luas,Panjang,Lebar;
double luas;
b.       Operator Aritmatika
Operator aritmatik yang dipakai dalam C++ adalah :
+          tambah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARI SANTRI

Dear Santri

PROFIL